Friday 22 September 2017

Pengalaman Memulai Usaha Martabak Gerobakan

Bismillahirrohmaanirrohiim

Salam sukses  yang telah mengunjungi blog ini.

Kata pertama saya adalah semua orang pantas untuk mempunyai mimpi/dream, lalu pertanyaanya       adalah bagaimana mewujudkanya ?
Ketika kita mempunyai mimpi/Dream tempat yang paling tepat untuk menjemput mimpi/dream tersebut adalah mendekatkan diri kepada  Allah Swt. Dengan cara memperbaikai diri yaitu menjalankan setiap perintahnya dan menjauhi segala laranganya. Terus Berdo’a/pray meminta kepada-nya Insya Allah akan terkabul jika kita lakukan dengan tindakan/Action sungguh-sungguh dan untuk mengharap ridho darinya. Aamiin.

Begitu juga hendaknya niat kita ketika mau memulai membuka usaha !!!

Langsung saja ya…
Semua itu tentu butuh persiapan, persiapan yang harus kita lakukan adalah berdoa, sebelum menikah persiapan yang kita lakukan adalah meminta restu dari orang tua, nah begitu pun sebelum membuka usaha, anda harus memiliki persiapan yang benar-benar matang.

Perencanan untuk membuka usaha itu memang bukanlah suatu hal yang mudah ibarat pepatah tidak semudah membalikkan telapak tangan, disamping itu kita harus memiliki mental yang cukup untuk bisa menerima kenyataan dan setiap masalah yang ada! itulah yang saya alami, sedikit keraguan namun karena tekad, keyakinan dan keinginan yang sangat keras dari diri saya sendiri untuk membuat sebuah loncatan baru menuju perubahan  dan menatap masa depan yang lebih mandiri. sehingga terciptalah semangat yang menggebu-gebu untuk mencoba. waktu itu saya termotivasi  ketika membuka jaringan internet di tempat saya bekerja. Tanpa disenganja saya telah membaca kata karyawan seumur hidup atau wirausaha, nah semenjak itu  saya menjadi  tertantang dan bersemangat untuk terjun ke dunia usaha.
Karyawan Seumur Hidup Atau Wirausaha ??
Dari kata inilah terlahir semangat yang sangat luar biasa untuk membuka usaha tambahan meskipun masih sambil berkerja, pada akhirnya terlintas  pikiran tentang dimana saya harus mencari keahlian agar saya mampu menciptakan peluang, timbul sebuah pertanyaan di dalam hati. saya ini ahli dibidang apa? dan siapa yang bisa saya andalkan ?
Karena sebuah keterbatasan waktu untuk mencari keahlian akhirnya saya memanfaatkan adik saya sebut saja namanya Rizal, kebetulan waktu itu dia belum berkerja, Lalu saya mencoba untuk berkomunikasi dengan dia agar mau berkerja di sebuah perusahaan yang bergerak di bidang usaha martabak. singkat cerita selama satu tahun berkerja merasa sudah mampu/cukup ilmunya akhirnya adik saya ini  memutuskan untuk resign dari bekerja dan mau mencoba untuk buka usaha martabak bersama saya,dan akhirnya.
Sayapun mulai menghitung-hitung modal yang diperlukan dan menyiapkan ide untuk membuka usaha martabak. jujur waktu itu bingung mau mulai dari yang mana masih belum terbayang dengan apa yang akan di rancang terlebih dahulu. Namun disinilah saya terus berdo’a kepada Allah agar di mudahkan dalam segala hal.
Waktu itu saya mulai memanfatkan sedikit ke ahlian tentang aplikasi corel Draw_ untuk design merek  usaha martabak sederhana.

Pertama sekali itu saya design logo :
Logo sangatlah penting agar mudah di kenal oleh pelanggan, harapan  saya memilih nama petir agar usaha saya nanti dapat dengan mudah dikenal karena seperti yang kita ketahui bersama bahwa mulai dari anak-anak sampai dengan orang dewasa rata-rata tau tentang petir. Secara petir adalah bukti kekuasaan Allah yang tidak bisa kita dustakan.
Setelah design logo, lanjut lagi design buku menu akan tetapi saya  bingung menentukan masalah produk yang akan di jual. akhirnya saya kembali membuka internet untuk mencari model usaha terlebih dahulu.
Enaknya bagaimana?
bagusnya seperti apa ?
Langkah selanjutnya memilih model salah satu usaha martabak yang sudah di favoritkan pelanggan untuk menjadi contoh/acuan bagaimana dimulai dari cara penyajian, bentuk kemasan/kotak hingga topping apa saja yang akan dijual. ketika mencari model kemasan kotak, saya memilih kotak seperti kotak pizza dengan alasan ide terbaru (martabak yang telah dipotong di biarkan tetap terbuka tidak di lipat dan di tumpuk ) dengan begitu mungkin akan membuat pelanggan penasaran. karena pada umumnya ketika ingat martabak sudah tertanam sejak dulu pada setiap orang bahwa martabak pada umumnya di potong, dilipat, dan di tumpuk dalam kotak/dibungkus. Nah.. inilah saatnya martabak petir tampil keren dengan rasa, bentuk dan kemasan yang berbeda. sehingga dapat memberikan kepuasan yang benar-benar menggelegar sesuai keinginan pelanggan.
Nb. Tidak malu donk buat modal ngapel pass Mal-Ming biar calon mertua senang he he  . .
Alhamdulillah !!!
Logo selesai
Buku menu selesai
Kotak selesai

Tinggal memikirkan bentuk dari grobak/conter. Yang akhirnya saya konsep dari bahan kayu karena lebih murah jika dibandingkan dari bahan besi atau alumunium, tidak apa-lah dimulai dari yang sederhana  penting bisa jualan dulu donk he he.. nanti perbaikan bisa sambil jalan.
 
Mau tau setelah ini apalagi yang akan di bahas? sabar…
Sambil menyiapkan perlengkapan selanjutnya, saya mulai mencari tempat yang strategis untuk berjualan yang tentunya daerah yang padat penduduk, jalanya ramai dilintasi masyarakat. Dan jangan lupa untuk memiliki tempat parkir yang cukup.tempat juga menentukan perkembangan usaha.
Adapun perlengkapan yang harus di siapkan adalah :
·         Kompor dua tungku
·         Loyang
·         Tutup loyang 3bh
·         Mixer
·         Blender
·         Timbangan kg
·         Timbangan gram
·         Ember adonan betutup
·         Pan stianless adonan
·         Kulkas mini
·         Toples topping
·         Gelas ukur
·         Papan kayu
·         Telanan plastik
·         Parutan keju
·         Pisau
·         Sarung tangan plastic
·         Scrap/kape
·         Kalkulator
·         Penyungkit
·         Sendok melamin
·         Sendok gula
·         Cangkir
·         Meja
·         Galon
·         Ember air bertutup
·         Box  plastic
·         Wajan
·         Ayakan tepung
·         Nota
·         Spanduk
·         Banner
·         Sebagai media promosi, untuk memberikan informasi berupa gambar dan tulisan
·         Terpal uk 3x4
·         Pakaian seragam 4 bh
·         Motor inventaris

Setelah peralatan siap barulah  mempersiapkan bahan topping dan  bahan adonan martabak sampai dengan siap.
Di dalam usaha yang terpenting kita mempunyai kekuatan & keyakinan kepada Allah, paling utama adalah selalu berdo'a dan melakukan promosi terus-menerus sebagai bentuk usaha.
intinya selalu melibatkan Allah

Selesai deh bahasan kita..
Terima kasih
sampai saat ini
martabak petir telah mulai dikenal pelanggan.

DIBUKA PELUANG USAHA

      Minat hubungi kami :
Andi HP  0852 4414 3079
FB Martabak Petir
IG @martabak_petir_palembang
Investasi jangka panjang (Cukup satu kali untuk seumur hidup)
       Insya Allah 2017 martabak petir akan selalu ada revisi dan menu baru

No comments:

Post a Comment